JURNAL REFLEKSI
DWI MINGGUAN 5
MODUL 2.1 PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
YUSEA GITARIA
PGP ANGKATAN 11
SMA NEGERI 14
TANGERANG
Assalaamualaikum warahmatullaahi wabarakaatuh…
Selamat datang dan selamat bertemu Kembali Bapak dan Ibu
Sahabat Guru Penggerak di Jurnal Refleksi Dwi Mingguan ke-5 Pendidikan Guru
Penggerak Angakatan 11. Pada kesempatan kali ini saya akan merefleksi kegiatan
saya selama pembelajaran di modul 2.1 tentang Pembelajaran Berdiferensiasi.
Pada Jurnal Refleksi
Modul 2.1 ini saya masih menggunakan model 4F yang dikembangkan oleh Dr. Roger
Greenaway, yaitu:
1.
Fact (Peristiwa)
2.
Feeling (Perasaan)
3.
Finding (Pembelajaran)
4.
Future (Rencana Tindak Lanjut)
1.
Fact (Peristiwa)
Sahabat Guru Penggerak,
Pada modul 2 ini saya memulai diri dengan mengikuti tes awal, dan Tes awal
pada modul 2.1 ada 3 pertanyaan sebagai refleksi diri tentang perlakuan yang
sudah saya laksanakan kepada murid yang sangat beragam, tantangan yang saya hadapi
saat melakukan perlakuan dengan keberagaman murid yang berbeda serta bagaimana
cara saya melakukan tindakan untuk menjawab tantangan tersebut.
Dengan segala kekurangan yang saya miliki saya merasa harus banyak belajar mulai
dari Modul 2.1 tentang Pembelajaran Berdiferensiasi. Dengan cara membaca materi
modul 2.1 yang sudah disiapkan di lms (Learning Management System). Ada
sumber belajar dan Contoh RPP Moda Daring Dan RPP Moda Luring. Dari melihat
contoh RPP tersebut ada gambaran apa yang harus saya lakukan kepada murid saya
yang beragam karakter dan kebutuhan belajar.
Selanjutnya saya mendalami materi di eksplorasi konsep. Dalam Eksplorasi
konsep saya jadi bisa belajar apa itu pembelajaran berdiferensiasi, bagaimana mengetahui
dan mengidentifikasi kebutuhan belajar murid berangkat dari miskonsepsi yang
sering dihadapi di kelas. Selanjutnya merefleksi diri serta mengamati contoh Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Moda Luring dan
Daring.
Dalam Eksplorasi Konsep ada diskusi antara peserta Calon Guru Penggerak
tentang Pembelajaran Berdiferensiasi ini. Dilanjutkan dengan Membuat Diagram
Frayer. Diagram yang berisikan tentang pertanyaan tentang 4 hal yaitu
1.
Apa definisi Pembelajaran Berdiferensiasi?
2.
Apa ciri-ciri / karakteristik Pembelajara
Berdiferensiasi?
3.
Bagaimana Contoh-contoh Pembelajaran
Berdiferensiasi?
4.
Manakah yang bukan Contoh dari Pembelajaran
Berdiferensiasi?
Gambar 1. Diagram Frayer |
Pada Diskusi di Ruang Kolaborasi Saya dan teman-teman dari kelompok jenjang
SMA. Diskusi dari Skenario Situasi 4 tentang Pembelajaran Berdiferensiasi yang
dilakukan oleh bu Derana. Pada diskusi ini banyak Pelajaran yang bisa diambil
dan menjadi pengalaman baru buat saya. Dilanjut dengan pembuatan Bahan ajar
dengan menggunakan aplikasi Canva mulai presentasi di ruang kolaborasi besar.
Tantangan yang saya hadapi adalah pada saat presentasi kelompok saya kurang
maksimal dalam berperan sebagai anggota kelompok karena sedang dalam
perjalanan. Tetapi saya bisa menyimak dengan sangat jelas dan memahami tentang
materi.
Dikuatkan lagi dengan elaborasi yang dilakukan oleh instruktur hebat pada
ealborasi pemahaman.
Saya sangat menikmati pembelajaran di modul 2.1 ini karena banyak
pengalaman belajar yang bisa saya dapatkan. Kendala yang dihadapi insya Allah
bisa diatasi dengan waktu yang sangat terbatas insya Allah bisa dilaksanakani
dengan optimal. Aamiin.
2. Feeling
(Perasaan)
Perasaaan saya sangat senang karena mendapatkan pengalaman baru tentang pembelajaran
yang berdiferensiasi ini. Support dan dukungan yang diberikan oleh
fasilitator sangat berarti buat saya yang terkadang lupa dalam pendistribusian
tugas. Saya senang dengan materi modul ini, begitu juga saat penguatan saya
mendapatkan penguatan tentang wawasan saya tentang pembelajaran berdiferensiasi
ini.
Komunikasi positif antara teman yang terjalin dengan baik sangat membantu
saya dalam berkolaborasi menyelesaikan tugas kelompok untuk presentasi di ruang
kolaborasi. Agar tetap memiliki energi positif dalam mengerjakan tugas
teman-teman dalam kelompok selalu berdiskusi di ruang obrolan chat grup,
terkait dengan penyelesaian tugas kelompok. Saya juga sangat terbantu dengan
dukungan dan support teman-teman dalam satu kelompok yang saling menguatkan
tentang peran dalam berdiskusi.
3.
Finding (Pembelajaran)
Pada pembelajaran di modul 2.1 tentang Pembelajaran Berdiferensiasi ini sangat
memotivasi saya dalam mengembangkan potensi diri dalam belajar mengembangkan potensi
diri saya dalam merancang pembelajaran yang memenuhi kebutuhan murid yang
beragam mulai dari kesiapan murid sampai kepada minat dan profil belajar murid.
Saya juga jadi mengetahui sejauh mana content atau isi pembelajaran
berdiferensiasi ini dan bagaimana prosesnya serta penilaian apa yang harus kita
lakukan dalam pembelajaran pada murid yang memiliki kebutuhan berbeda di dalam
setiap kelas.
Saya juga semakin terdorong untuk mengembangkan kreatifitas dalam
memperluas wawasan saya tentang proses pembelajaran berdiferensiasi dan berpusat
pada murid dengan tentunya mengedepankan karakter profil pelajar pancasila.
4. Future
Setelah belajar di modul 2.1 ini saya akan lebih fokus dalam pengembangan pembelajaran
mulai dari mengembangkan isi/content pembelajaran berdiferensiasi, berinovasi
tentang proses pembelajaran dan mengembangkan penilaian yang berkelanjutan
serta tentunya akan berkolaborasi dengan berdiskusi kepada kepala satuan
pendidikan dan rekan sejawat, agar mendapatkan masukan dan reflektif untuk
menciptakan pembelajaran yang tetap berpihak kepada murid dan mengutamakan
pengembangan profil pelajar pancasila.
Saya akan melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi ini di kelas yang saya
ampu dengan terus belajar dan berdiskusi dengan semua pihak yang bisa
berkolaborasi dalam pengembangan dan inovasi metode dan gaya belajar serta
strategi dalam pembelajaran.
Terima kasih
Semoga refleksi yang saya tulis ini bisa menginspirasi
bagi sahabat Guru Penggerak yang membaca artikel ini.
Salam Guru Penggerak
Tergerak, Bergerak,
Menggerakkan
Wassalaamualaikum
warahmatullaahi wabarakaatuh…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar