Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng
PUNCAK SIKUNIR, DATARAN TINGGI DIENG

Sabtu, 31 Agustus 2024

JURNAL REFLEKSI MODUL 2.1



JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN 5

MODUL 2.1  PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

YUSEA GITARIA

PGP ANGKATAN 11

SMA NEGERI 14 TANGERANG

 

 

Assalaamualaikum warahmatullaahi wabarakaatuh…


Selamat datang dan selamat bertemu Kembali Bapak dan Ibu Sahabat Guru Penggerak di Jurnal Refleksi Dwi Mingguan ke-5 Pendidikan Guru Penggerak Angakatan 11. Pada kesempatan kali ini saya akan merefleksi kegiatan saya selama pembelajaran di modul 2.1 tentang Pembelajaran Berdiferensiasi.

 

Pada Jurnal Refleksi Modul 2.1 ini saya masih menggunakan model 4F yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway, yaitu:

1.      Fact (Peristiwa)

2.      Feeling (Perasaan)

3.      Finding (Pembelajaran)

4.      Future (Rencana Tindak Lanjut)

 

1.             Fact (Peristiwa)

 

Sahabat Guru Penggerak,

 

Pada modul 2 ini saya memulai diri dengan mengikuti tes awal, dan Tes awal pada modul 2.1 ada 3 pertanyaan sebagai refleksi diri tentang perlakuan yang sudah saya laksanakan kepada murid yang sangat beragam, tantangan yang saya hadapi saat melakukan perlakuan dengan keberagaman murid yang berbeda serta bagaimana cara saya melakukan tindakan untuk menjawab tantangan tersebut.


Dengan segala kekurangan yang saya miliki saya merasa harus banyak belajar mulai dari Modul 2.1 tentang Pembelajaran Berdiferensiasi. Dengan cara membaca materi modul 2.1 yang sudah disiapkan di lms (Learning Management System). Ada sumber belajar dan Contoh RPP Moda Daring Dan RPP Moda Luring. Dari melihat contoh RPP tersebut ada gambaran apa yang harus saya lakukan kepada murid saya yang beragam karakter dan kebutuhan belajar.


Selanjutnya saya mendalami materi di eksplorasi konsep. Dalam Eksplorasi konsep saya jadi bisa belajar apa itu pembelajaran berdiferensiasi, bagaimana mengetahui dan mengidentifikasi kebutuhan belajar murid berangkat dari miskonsepsi yang sering dihadapi di kelas. Selanjutnya merefleksi diri serta mengamati contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  Moda Luring dan Daring.


Dalam Eksplorasi Konsep ada diskusi antara peserta Calon Guru Penggerak tentang Pembelajaran Berdiferensiasi ini. Dilanjutkan dengan Membuat Diagram Frayer. Diagram yang berisikan tentang pertanyaan tentang 4 hal yaitu

1.      Apa definisi Pembelajaran Berdiferensiasi?

2.      Apa ciri-ciri / karakteristik Pembelajara Berdiferensiasi?

3.      Bagaimana Contoh-contoh Pembelajaran Berdiferensiasi?

4.      Manakah yang bukan Contoh dari Pembelajaran Berdiferensiasi?

 

Gambar 1.  Diagram Frayer


Pada Diskusi di Ruang Kolaborasi Saya dan teman-teman dari kelompok jenjang SMA. Diskusi dari Skenario Situasi 4 tentang Pembelajaran Berdiferensiasi yang dilakukan oleh bu Derana. Pada diskusi ini banyak Pelajaran yang bisa diambil dan menjadi pengalaman baru buat saya. Dilanjut dengan pembuatan Bahan ajar dengan menggunakan aplikasi Canva mulai presentasi di ruang kolaborasi besar.


Tantangan yang saya hadapi adalah pada saat presentasi kelompok saya kurang maksimal dalam berperan sebagai anggota kelompok karena sedang dalam perjalanan. Tetapi saya bisa menyimak dengan sangat jelas dan memahami tentang materi.


Dikuatkan lagi dengan elaborasi yang dilakukan oleh instruktur hebat pada ealborasi pemahaman.

 

Saya sangat menikmati pembelajaran di modul 2.1 ini karena banyak pengalaman belajar yang bisa saya dapatkan. Kendala yang dihadapi insya Allah bisa diatasi dengan waktu yang sangat terbatas insya Allah bisa dilaksanakani dengan optimal. Aamiin.

 

2.       Feeling (Perasaan)

 

Perasaaan saya sangat senang karena mendapatkan pengalaman baru tentang pembelajaran yang berdiferensiasi ini. Support dan dukungan yang diberikan oleh fasilitator sangat berarti buat saya yang terkadang lupa dalam pendistribusian tugas. Saya senang dengan materi modul ini, begitu juga saat penguatan saya mendapatkan penguatan tentang wawasan saya tentang pembelajaran berdiferensiasi ini.

 

Komunikasi positif antara teman yang terjalin dengan baik sangat membantu saya dalam berkolaborasi menyelesaikan tugas kelompok untuk presentasi di ruang kolaborasi. Agar tetap memiliki energi positif dalam mengerjakan tugas teman-teman dalam kelompok selalu berdiskusi di ruang obrolan chat grup, terkait dengan penyelesaian tugas kelompok. Saya juga sangat terbantu dengan dukungan dan support teman-teman dalam satu kelompok yang saling menguatkan tentang peran dalam berdiskusi.

 

3.             Finding (Pembelajaran)

 

Pada pembelajaran di modul 2.1 tentang Pembelajaran Berdiferensiasi ini sangat memotivasi saya dalam mengembangkan potensi diri dalam belajar mengembangkan potensi diri saya dalam merancang pembelajaran yang memenuhi kebutuhan murid yang beragam mulai dari kesiapan murid sampai kepada minat dan profil belajar murid. Saya juga jadi mengetahui sejauh mana content atau isi pembelajaran berdiferensiasi ini dan bagaimana prosesnya serta penilaian apa yang harus kita lakukan dalam pembelajaran pada murid yang memiliki kebutuhan berbeda di dalam setiap kelas.

 

Saya juga semakin terdorong untuk mengembangkan kreatifitas dalam memperluas wawasan saya tentang proses pembelajaran berdiferensiasi dan berpusat pada murid dengan tentunya mengedepankan karakter profil pelajar pancasila. 

 

4.       Future

 

Setelah belajar di modul 2.1 ini saya akan lebih fokus dalam pengembangan pembelajaran mulai dari mengembangkan isi/content pembelajaran berdiferensiasi, berinovasi tentang proses pembelajaran dan mengembangkan penilaian yang berkelanjutan serta tentunya akan berkolaborasi dengan berdiskusi kepada kepala satuan pendidikan dan rekan sejawat, agar mendapatkan masukan dan reflektif untuk menciptakan pembelajaran yang tetap berpihak kepada murid dan mengutamakan pengembangan profil pelajar pancasila. 

 

Saya akan melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi ini di kelas yang saya ampu dengan terus belajar dan berdiskusi dengan semua pihak yang bisa berkolaborasi dalam pengembangan dan inovasi metode dan gaya belajar serta strategi dalam pembelajaran.

 

Terima kasih

 

Semoga refleksi yang saya tulis ini bisa menginspirasi bagi sahabat Guru Penggerak yang membaca artikel ini.

 

Salam Guru Penggerak

Tergerak, Bergerak, Menggerakkan

 

Wassalaamualaikum warahmatullaahi wabarakaatuh…




Channel Education

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTING BEFORE