Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng
PUNCAK SIKUNIR, DATARAN TINGGI DIENG

Minggu, 02 Agustus 2020

DESTINASI WISATA AIR TERJUN SRIGETHUK


Silahkan di KLIK. Lalu SUBSCRIBES dan LIKES Yaa..
 

            Lokasi wisata air terjun Srigethuk ini terletak di desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk menemukan lokasi wisata ini sangat mudah arah dari Kabupaten Wonosari terus sampai pada pertigaan Playen kemudian ambil arah menuju Playen, dan nanti banyak petunjuk arah untuk menuju wisata ini.

            Air terjun Srigethuk berada di tepi sungai Oyo, sehingga untuk mencapai lokasi air terjunnya sendiri kita harus menggunakan perahu rakit menyusuri sungai Oyo agar sampai ke tujuan. Sungai Oyo ini di musim kemarau airnya sangatlah jernih dengan arus yang tenang dan berwarna Hijau. Sehingga tak Heran bila di lokasi kawasan air terjun Srigethuk banyak yang berenang tanpa khawatir terbawa arus.
 
            Berenang di sungai kawasan air terjun Srigethuk ini memiliki sensasi yang sangat memacu adrenalin, yaitu para wisatawan kebanyakan loncat dari tebing dengan tinggi sekitar 5 - 7 meter lebih kurang untuk menyebur ke sungai. Bagi yang tidak bisa berenang bisa mengenakan pelampung yang disewa di tempat penyewaan pelampung di pintu masuk.

 
    Gambar 1.   Sungai Oyo yang begitu tenang dan Hijau


    Gambar 2.   Lokasi berenang para wisatawan

            Air terjun Srigethuk memiliki tiga mata air yaitu Ngandong, Dong Poh dan Ngumbul. Ketiga mata air ini mengalir dari tebing bebatuan Karst yang tandus dan berkumpul menjadi air terjun Srigethuk. Tinggi air terjun ini berkisar 25 meter, sehingga ketika kita akan memasuki kawasan ini sudah terdengar sangat jelas gemericik air yang berasal dari air terjun Srigethuk. 
 
    Gambar 3.    Lokasi air terjun Srigethuk 

            Secara Mitologi, Air terjun Srigethuk ini disebut juga dengan nama air terjun Slempret.  Nama Slempret sendiri berasal dari legenda yang ada di desa Bleberan. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, daerah air terjun ini merupakan pusatnya para jin berkumpul yang dipimpin oleh Jin Anggo Menduro. Para jin ini sangat menyukai alunan musik yang berasal dari alat musik gamelan. Berdasarkan cerita, banyak wisatawan atau masyarakat sekitar yang mendengar adanya alunan suara musik gamelan di sekitar wilayah ini, namun ketika didekati atau dicari tempat sumber suaranya tidak ada yang menemukan dari mana asal suara alunan gamelan tersebut.
 
            Tetapi selama kita hanya berniat untuk menikmati keindahan alam yang disajikan secara natural di daerah ini dan kita tidak menggangu serta mengusiknya. Insya Allah aman serta kita serahkan sama Allah SWT atas diri kita.
 
            Harga tiket masuk ke kawasan wisata Air terjun Srigethuk ini adalah Rp. 13.000,- per orang (harga ini tentu saja bisa berubah sewaktu-waktu), wisata ini terkenal dengan destinasi wisata yang cukup murah dan terjangkau. Dan apabila kita akan menyusuri sungai Oyo dengan menggunakan perahu rakit maka harga tiket yang dikenakan adalah Rp. 10.000,- per orang.

            Ada hal yang tak kalah penting dan menarik untuk para wisatawan harus ingat serta tidak boleh terlupakan adalah banyaknya Spot Foto yang tersaji secara alami dan natural di kawasan ini.

            Demikianlah selintas liputan tentang daerah wisata Air terjun Srigethuk di kawasan wisata daerah Gunung Kidul Yogyakarta. Semogalah destinasi wisata yang ada di negeri tercinta Gemah Ripah Loh Jinawi ini semakin terkenal di seantero persada nusantara dan mancanegara.

Berikut Cuplikan Foto-foto di Lokasi.
 
 


 

 

 


Channel Education

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTING BEFORE