Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng
PUNCAK SIKUNIR, DATARAN TINGGI DIENG

Minggu, 19 Juli 2020

PEMBELAJARAN DARING

Belajar dengan Aplikasi

Pembelajaran menggunakan metode Daring wajib dilaksanakan pada masa pandemi seperti sekarang ini, Pandemi Covid-19 sudah menyebar di berbagai negara di belahan dunia. Angka kematian akibat wabah ini sudah lumayan tinggi di penjuru dunia juga termasuk di wilayah negara kita Indonesia. Oleh sebab itu pemerintah melakukan Pembatasan Sosial berskala besar, mengingat penyebaran virus ini sangat cepat. Termasuk juga di sekolah, para siswa dianggap sangat mudah sebagai wahana penyebaran virus tersebut. Sehingga Sekolah belum boleh melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)-nya dengan tatap muka. Khawatir akan menjadi Cluster baru dalam penyebaran Covid-19 ini.

Pembelajaran Daring (Dalam dan Jaringan) merupakan salah satu metode dalam  pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan fasilitas internet sebagai sarana pengganti tatap muka atau pertemuan. Oleh sebab itu guru sebagai pengajar harus menguasai sarana tersebut, minimal bisa melakukan operasionalnya. Diantara aplikasi yang ditawarkan oleh berbagai macam brand surel komunikasi, sekolah menetapkan beberapa aplikasi yang wajib digunakan dalam pembelajaran daring tersebut. Aplikasi yang ditawarkan itu diantaranya adalah Moodle, Google meet serta Telegram. Hasil Rapat awal tahun pelajaran 2020 - 2021.



1. Aplikasi MOODLE

Pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi Moodle, peserta didik bisa langsung login ke website sekolah dengan menggunakan username dan password.erbagai mata pelajaran

Dengan aplikasi diharapkan peserta didik tidak kesulitan dalam mengakses materi pembelajaran dari berbagai mata pelajaran. Sedangkan bagi guru sebagai pengajar bisa mengeksplore materi dengan berbagai macam bentuk dan model atau tipe dari berbagai cara mengupload materi pembelajaran baik dengan melakukan browsing atau surfing di internet atau dari file yang sudah disiapkan.
Contoh pada materi pembelajaran Kimia, siswa bisa mengupload materi dengan menggunakan blog, google drive atau bahkan dengan menonton video di channel youtube.

Pembelajaran Kimia pada KD 1. tentang KOLIGATIF LARUTAN 




2. Aplikasi Google Meet

Dengan Aplikasi ini bisa melakukan percakapan langsung dari jarak jauh, teleconferences. Tujuannnya untuk memastikan bahwa siswa tetap berada di rumah sambil belajar sesuai dengan jadwal materi pembelajaran. 


3. Aplikasi Google Form (bila memungkinkan)

Fasilitasi untuk form pembuatan soal, sehingga dapat terpantau pekerjaannya. Namun hal ini bisa dikerjakan melalui aplikasi Moodle. Guru menyiapkan sol dan penilaian sesuai dengan kompetensinya, sedangkan Siswa dengan mengakses alamat websitenya bisa mengerjakan penilaian tersebut. 


4. Aplikasi Telegram

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang bisa menciptakan komunikasi tanpa batas di dunia maya. Peserta didik bisa melakukan absensi sebagai info kehadirannya. Aplikasi ini  mampu mengirim menyimpan data/file yang lumayan besar sehingga bisa dengan mudah untuk melakukan upload file/data pada aplikasi ini. Aplikasi ini bisa digunakan pada handphone.

Demikianlah sekilas informasi tentang aplikasi pembelajaran Daring yang akan diselenggarakan mulai 20 Juli 2020 sampai bulan Desember 2020. Semoga masa pandemi ini segera berakhir dan bisa kembali normal lagi seperti sediakala.

Terima kasih atas kinjungannya pada Blog ini.

Sampai Jumpa pada cerita dan berita serta ulasan berikutnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTING BEFORE