Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng
PUNCAK SIKUNIR, DATARAN TINGGI DIENG

Sabtu, 27 Juli 2024

JURNAL REFLEKSI MODUL 1.3


 




1.            Fact (Peristiwa)

 

Pembelajaran tentang Visi Guru Penggerak, dalam pembentukan komunitas praktisi sangat membantu dalam pengorganisasian sebuah komunitas. Ada banyak hal yang saya dapatkan dalam modul 1.3 ini diantara adalah pentingnya pembelajaran dengan cara berkolaborasi bersama rekan sejawat.

 

Di Lokakarya 1 pembahasan tentang Belajar di komunitas praktisi. Pada momen ini saya merasa bahwa belajar di komunitas adalah sebuah pengalaman belajar yang wajib dimiliki oleh seorang guru penggerak. Belajar bersama komunitas praktisi bisa dapat meningkatkan mutu dan profesional seorang guru, terutama guru penggerak.

 

Begiti juga dalam prakarsa perubahan mewujudkan Visi. Saya dilatih membuat analisa tentang sebuah visi di dalam sekolah, lebih sempit lagi tugas  yang dikerjakan adalah visi dalam ruang kelas.

 

Saya paham bahwa dalam mewujudkan sebuah visi ada beberapa langkah yang harus dikerjakan, yaitu dengan kanvas BAGJA. Sebelum nya kita harus membuat pernyataan prakarsa terlebih dahulu sebagai jembatan dalam menyelesaikan langkah-langkah perwujudan visi.

 

Saya sangat senang dengan pembelajaran di modul 1.3 pekan terdahulu. Saya bertambah ilmu dan wawasannya tentang komunitas praktisi dan perwujudan visi sekolah, karena ini sangat menunjang dalam tugas tambahan yang sekarang sedang saya emban.

 

Saya menjadi lebih termotivasi apalagi dibantu dengan penguatan dari fasilitator yang sudah mengarahkan dalam ruang kolaborasi saat berdiskusi kelompok dengan teman-teman dalam satu kelompok yang  ramah dan kompak. Bantuan dari fasilitator sangat membuat saya senang, karena selalu mengingatkan kealpaan saya dalam pengumpulan tugas individu, sebagai guru yang juga calon guru penggerak serta mengemban tugas tambahan lain di sekolah begitu banyak menyita waktu sehingga seringnya terlupa.

Hambatan saya pada pembelajaran di modul 1.3 ini adalah, saya masih kurang bisa membagi waktu dalam penempatan tugas dari fasilitator dan tugas yang harus dikerjakan secara rutinitas di sekolah. Apalagi sekarang di bulan pertama tahun ajaran baru masuk sekolah, pekerjaan sangat padat dan rutinitas dalam pembelajaran di kelaspun harus dilaksanakan bersamaan dengan pendidikan guru penggerak yang sedang dijalani saat ini.

 

 

2.       Feeling (Perasaan)

 

Perasaan saya saat pembelajaran di modul 1.3 sangat  senang walau agak kelelahan terutama saat melakukan diskusi tentang Visi dan Prakarsa Perubahan dengan menggunakan Kanvas BAGJA. Saat itu persaaan saya sangat bingung belum mengerti kemana arah dari tugas yang harus diselesaikan oleh saya dan teman-teman dalam satu kelompok. Saat berada di ruang kolaborasi saya kurang sehat, sehingga semua yang disampaikan oleh fasilitator tidak terserap secara baik. Dan Alhamdulillah saat elaborasi saya bisa lebih terbuka dalam pemahaman yang lebih terperinci dalam pengembangan visi dengan prakarsa perubahan menggunakan kanvas BAGJA.

 

Komunikasi positif antara teman yang terjalin dengan baik sangat membantu saya dalam berkolaborasi menyelesaikan tugas kelompok untuk presentasi di ruang kolaborasi. Agar tetap memiliki energi positif dalam mengerjakan tugas teman-teman dalam kelompok selalu berdiskusi di ruang obrolan chat grup, terkait dengan penyelesaian tugas kelompok.

 

3.       Finding (Pembelajaran)

 

Pada pembelajaran di modul 1.3 tentang Visi guru penggerak dan Belajar di Komunitas praktisi sangat memotivasi saya dalam mengembangkan potensi diri dalam belajar mengembangkan mewujudkan visi dalam lingkup sederhana yaitu di kelas maupun dalam lingkup yang lebih luas yaitu visi sekolah. Dan Belajar di komunitas baik melalui komunitas praktisi yang baru terbentuk di sekolah maupun komunitas praktisi yang sudah lama diikuti.

 

Saya juga semakin terdorong untuk mengembangkan kreatifitas dalam memperluas wawasan saya tentang proses pembelajaran bermakna yag berpusat pada murid dengan mengedepankan karakter profil pelajar pancasila. 

 

4.       Future

 

Setelah belajar di modul 1.3 ini saya akan lebih fokus dalam pengembangan visi kelas secara khusus dan visi sekolah secara umum secara kolaborasi dengan berdiskusi kepada kepala saaatuan pendidikan dan teman sejawat, berinovasi dan reflektif untuk menciptakan pembelajaran yang berpihak kepada murid. 

 

Saya akan melanjutkan penyusunan visi sekolah yang akan berkolaborasi  dengan rekan sejawat, untuk mewujudkan murid yang berahlak, bermutu berani dan berprestasi (Berambisi) dengan mengedepankan karakter profil pelajar pancasila berdimensi takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mandiri dan Bernalar kritis/kreatif.


Channel Education

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTING BEFORE