1.
Fact (Peristiwa)
Pembelajaran tentang Visi Guru Penggerak, dalam pembentukan komunitas praktisi
sangat membantu dalam pengorganisasian sebuah komunitas. Ada banyak hal yang
saya dapatkan dalam modul 1.3 ini diantara adalah pentingnya pembelajaran dengan
cara berkolaborasi bersama rekan sejawat.
Di Lokakarya 1 pembahasan tentang Belajar di komunitas praktisi. Pada momen
ini saya merasa bahwa belajar di komunitas adalah sebuah pengalaman belajar
yang wajib dimiliki oleh seorang guru penggerak. Belajar bersama komunitas
praktisi bisa dapat meningkatkan mutu dan profesional seorang guru, terutama
guru penggerak.
Begiti juga dalam prakarsa perubahan mewujudkan Visi. Saya dilatih membuat
analisa tentang sebuah visi di dalam sekolah, lebih sempit lagi tugas yang dikerjakan adalah visi dalam ruang kelas.
Saya paham bahwa dalam mewujudkan sebuah visi ada beberapa langkah yang
harus dikerjakan, yaitu dengan kanvas BAGJA. Sebelum nya kita harus membuat pernyataan
prakarsa terlebih dahulu sebagai jembatan dalam menyelesaikan langkah-langkah perwujudan
visi.
Saya sangat senang dengan pembelajaran di
modul 1.3 pekan terdahulu. Saya bertambah ilmu dan wawasannya tentang komunitas
praktisi dan perwujudan visi sekolah, karena ini sangat menunjang dalam tugas
tambahan yang sekarang sedang saya emban.
Saya menjadi lebih termotivasi apalagi
dibantu dengan penguatan dari fasilitator yang sudah mengarahkan dalam ruang
kolaborasi saat berdiskusi kelompok dengan teman-teman dalam satu kelompok yang ramah dan kompak. Bantuan dari fasilitator
sangat membuat saya senang, karena selalu mengingatkan kealpaan saya dalam
pengumpulan tugas individu, sebagai guru yang juga calon guru penggerak serta mengemban
tugas tambahan lain di sekolah begitu banyak menyita waktu sehingga seringnya
terlupa.
Hambatan saya pada pembelajaran di modul 1.3
ini adalah, saya masih kurang bisa membagi waktu dalam penempatan tugas dari
fasilitator dan tugas yang harus dikerjakan secara rutinitas di sekolah.
Apalagi sekarang di bulan pertama tahun ajaran baru masuk sekolah, pekerjaan
sangat padat dan rutinitas dalam pembelajaran di kelaspun harus dilaksanakan
bersamaan dengan pendidikan guru penggerak yang sedang dijalani saat ini.
2. Feeling
(Perasaan)
Perasaan saya saat
pembelajaran di modul 1.3 sangat senang
walau agak kelelahan terutama saat melakukan diskusi tentang Visi dan Prakarsa
Perubahan dengan menggunakan Kanvas BAGJA. Saat itu persaaan saya
sangat bingung belum mengerti kemana arah dari tugas yang harus diselesaikan
oleh saya dan teman-teman dalam satu kelompok. Saat berada di ruang kolaborasi
saya kurang sehat, sehingga semua yang disampaikan oleh fasilitator tidak
terserap secara baik. Dan Alhamdulillah saat elaborasi saya bisa lebih terbuka
dalam pemahaman yang lebih terperinci dalam pengembangan visi dengan prakarsa
perubahan menggunakan kanvas BAGJA.
Komunikasi positif antara teman yang terjalin
dengan baik sangat membantu saya dalam berkolaborasi menyelesaikan tugas
kelompok untuk presentasi di ruang kolaborasi. Agar tetap memiliki energi
positif dalam mengerjakan tugas teman-teman dalam kelompok selalu berdiskusi di
ruang obrolan chat grup, terkait dengan penyelesaian tugas kelompok.
3. Finding (Pembelajaran)
Pada pembelajaran di modul 1.3 tentang Visi guru penggerak dan Belajar di Komunitas
praktisi sangat memotivasi saya dalam mengembangkan potensi diri dalam belajar
mengembangkan mewujudkan visi dalam lingkup sederhana yaitu di kelas maupun
dalam lingkup yang lebih luas yaitu visi sekolah. Dan Belajar di komunitas baik
melalui komunitas praktisi yang baru terbentuk di sekolah maupun komunitas
praktisi yang sudah lama diikuti.
Saya juga semakin terdorong untuk
mengembangkan kreatifitas dalam memperluas wawasan saya tentang proses pembelajaran
bermakna yag berpusat pada murid dengan mengedepankan karakter profil pelajar
pancasila.
4. Future
Setelah belajar di modul 1.3 ini saya akan
lebih fokus dalam pengembangan visi kelas secara khusus dan visi sekolah secara
umum secara kolaborasi dengan berdiskusi kepada kepala saaatuan pendidikan dan teman
sejawat, berinovasi dan reflektif untuk menciptakan pembelajaran yang berpihak
kepada murid.
Saya akan melanjutkan penyusunan visi sekolah
yang akan berkolaborasi dengan rekan
sejawat, untuk mewujudkan murid yang berahlak, bermutu berani dan berprestasi (Berambisi)
dengan mengedepankan karakter profil pelajar pancasila berdimensi takwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa, mandiri dan Bernalar kritis/kreatif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar