JURNAL REFLEKSI MODUL 1.2
PENDIDIKAN CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 11
MODEL 4F yang dikembangkan oleh
Dr. Roger Greenaway
1. Fact (Peristiwa)
Dalam pembelajaran bersama dengan Fasilitator dan Pengajar Praktik adalah hal yang sangat menyenangkan walau hanya bertemu di google meet. Saya mendapatkan banyak ilmu dari pengalaman belajar tentang bagaimana peran seorang guru penggerak serta nilai-nilai yang harus dimiliki oleh seorang guru penggerak.
Selama ini saya kurang paham tentang nilai-nilai yang harus dimiliki oleh seorang guru penggerak. Setelah saya mengikuti pembelajaran barulah saya mengerti bahwa seorang guru itu tidak boleh lepas dari nilai-nilai yang harus dimiliki dalam dirinya, terutama guru penggerak.
Saya menjadi lebih termotivasi apalagi dibantu dengan penguatan dari fasilitator yang sudah mengarahkan dalam ruang kolaborasi saat berdiskusi kelompok dengan teman-teman dalam satu kelompok yang ramah dan kompak. Dan mereka juga sering mengingatkan tentang tugas yang harus dikerjakan di lms
Hambatan saya pada pembelajaran di modul 1.2 ini adalah, saya masih kurang bisa membagi waktu dalam penempatan tugas dari fasilitator dan tugas yang harus dikerjakan secara rutinitas di sekolah.
2. Feeling (Perasaan)
Perasaan saya saat saat pembelajaran di modul 1.2 agak kelelahan terutama saat pengerjaan Demonstrasi kontekstual. Penugasan dari sekolah dan tugas Demonstrasi Konstekstual berbarengan, sehingga saya merasa tidak optimal dalam mengerjakan tugas tersebut.
Komunikasi positif antara teman yang terjalin dengan baik mendorong saya untuk tetap memiliki energi positif dalam mengerjakan tugas. Baik saat di ruang kolaborasi, maupun saat elaborasi ketika webinar.
3. Finding (Pembelajaran)
Pada pembelajaran di modul 1.2 tentang nilai-nilai dan peran guru penggerak sangat memotivasi saya dalam mengembangkan potensi diri baik secara nilainya maupun perannya sebagai guru dengan norma-norma yang yang dijunjung sebagai pendidik.
Saya juga semakin terdorong untuk mengembangkan kreatifitas dalam memperluas wawasan saya tentang kebermaknaan seorang guru, dan akan selalu bersemangat dalam pembelajaran-pembelajaran selanjutnya. Semoga Allah meridhoi setiap langkah saya dan teman yang lain dalam bersinergi di pendidikan guru penggerak angkatan 11 ini.
Selama niat masih lurus dan berpatokan pada acuan bahwa murid adalah bagian dari kehidupan kita yang harus tuntun dan diarahkan.
4. Future
Setelah belajar di modul 1.2 ini saya akan lebih fokus dalam pengembangan nilai-nilai guru penggerak terutama berkolaborasi dengan teman sejawat, berinovasi dan reflektif untuk menciptakan pembelajaran yang berpihak kepada murid.
Saya akan menyusun sebuah program untuk berkolaborasi dengan rekan sejawat, untuk mengembangkan inovasi dan selalu melakukan refleksi diri agar terwujudnya pembelajaran yang benar-benar berpihak kepada murid. Semoga tetap semangat dan tercapai apa yang dicita-citakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar