KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 1.2
Gambar 1. Salah satu nilai yang wajib dimiliki oleh guru penggerak |
Setelah saya Mengikutipembelajaran
dari Modul 1.1 hingga Modul 1.2 ini, ada beberapa hal yang memberikan
pembelajaran yang berharga kepasa saya, diantaranya adalah;
1.
Peristiwa:
Momen yang paling penting atau
menantang atau mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran Modul 1.1 hingga
Modul 1.2 adalah ketika saya mempelajari tayangan Tentang Filosofi Ki Hajar
Dewantara bahwa budi pekerti itu merupakan Cipta, Rasa dan Karsa serta Tenaga.
Pembelajaran yang dilakukan harus
berpihak kepada murid dengan memperhatikan kebutuhan dan perkembangannya sesuai
kodrat alam dan zaman. Peserta ddik itu seperti planet-planet di tata surya
yang bergerak pada lintasannya dengan kecepatan dan kondisi yang berbeda-beda.
Kaitan antara Modul 1.1 dan
1.2 yang saya fahami adalah bahwa Guru sesuai dengan Filosofi Ki Hajar
Dewantara harus menuntun. Ki Hajar Dewantara juga mengajarkan tentang
pembelajaran yang berpihak kepada murid dengan mengutamakan perkembangan sosial
budayanya yang akan mempengaruhi tumbuh kembang murid.
Dengan pembelajaran yang
berpihak kepada murid, seorang guru wajib memiliki nilai-nilai diantara
Berpihak kepada murid, reflektif, kolaboratif, mandiri dan inovatif sehingga
guru mampu berperan sebagai pemimpim pembelajaran, menggerakkan komunitas untuk
mengembangkan metode pembelajaran, menjalin kolaborasi antar guru, mewujudkan
kepemimpinan murid, memotivasi murid agar bisa mandiri dan apabila sudah
memiliki ilmunya, maka wajiblah bagi untuk berbagi dalam pembelajaran
berkelanjutan.
2.
Perasaan:
Saat momen itu terjadi saya merasa seperti seseorang penambang emas yang menemukan berlian. Saat kita belajar pasti kita mendapatkan apa yang kita pelajari, pastinya adalah sesuatu yang baru. Saat momen itu saya menemukan pengetahuan lebih dari apa yang saya butuhkan. Perasaan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata sederhana.
3.
Pembelajaran:
Sebelum momen tersebut terjadi
saya berpikir bahwa Pembelajaran yang kita ciptakan dan kita lakukan adalah
untuk kemaslahatan murid dan keberlangsungan ilmu pengetahuan dengan mengajarkan
ilmu yang kita miliki dengan tanpa memperhatikan kodrat murid saat menerima
pengetahuan tersebut.
Sekarang saya berpikir bahwa Pembelajaran
yang diterapkan haruslah memperhatikan perkembangan zaman agar perkembangan dan
pembelajaran bisa dilaksanakan secara menyuluruh tidak hanya ilmu yang didapat
tetapi peradaban pun ikut berkembang sesuai dengan nilai-nilai luhur yang
diajarkan.
4.
Penerapan ke depan (Rencana):
Apa pengembangan diri yang
sederhana, konkret dan rutin yang dapat saya lakukan sendiri dari sekarang,
untuk membantu menguatkan nilai-nilai dan peran saya sebagai Guru Penggerak?
Saya akan selalu berinovasi mengembangkan metode pembelajaran saya mengikuti
perkembangan teknologi berikut juga dengan mengedepankan perkembangan adab.
Adab sebelum ilmu harus selalu menjadi yang utama dalam pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar