Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng
PUNCAK SIKUNIR, DATARAN TINGGI DIENG

Senin, 16 September 2024

DEMONSTRASI KONTEKSTUAL MODUL 2.2





                                                                       Link Pdf untuk RPP:                 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

I.      INFORMASI UMUM


A.    Identitas Modul

 

Nama                             : Yusea Gitaria, S.Si.

Instansi                         : SMA Negeri 14 Tangerang

Tahun Penyusunan    : 2024

Jenjang Sekolah         : SMA

Mata Pelajaran            : Kimia

Fase/Kelas                   : F / XI

Materi                            : Ikatan Kimia

Alokasi waktu              : 6 x 45 menit

Jumlah Pertemuan    : 3 Pertemuan

Kata Kunci                    :  Kestabilan Atom, Ikatan Ionik, Ikatan Kovalen

Jumlah Murid              : 35 siswa

Moda                              : Tatap muka

 

B.    Kompetensi Awal

 

Peserta didik telah memiliki pengetahuan awal tentang:

·           Konfigurasi elektron

·           Elektron valensi

Murid diberikan penugasan mengamati video pembelajaran tentang konfigurasi elektron dan elektron valensi sebagai penguatan pemahaman

 

C.    Profil Pelajar Pancasila

 

Setelah menyelesaikan pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan diri sesuai dengan profil pelajar pancasila, dimensi Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Berkebinekaan Global, bergotong royong bernalar kritis, serta Kreatif

 

Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia : Menghargai hubungan sesama manusia dan semua ciptaan Tuhan termasuk mewujudkan akhlak yang mulia pada diri masing-masing murid


Berkebinekaan Global :

Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya, menghilangkan prasangka, hingga merefleksikan diri terhadap nilai-nilai kebhinekaan.

 

Mandiri :

Mampu mengelola pikiran, perasaan, dan tindakan untuk mencapai tujuan bersama.

 

Bergotong royong :    

Memiliki kemampuan untuk melakukan kolaborasi dengan sukarela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar dan mencapai tujuan untuk kebaikan bersama.

 

Bernalar Kritis :       

Berpikir secara objektif, sistematik dan saintifik dengan mempertimbangkan berbagai aspek berdasarkan data dan fakta yang mendukung, sehingga dapat membuat keputusan yang tepat dan berkontribusi memecahkan masalah dalam kehidupan, serta terbuka dengan penemuan baru

 

Kreatif      :       

Mampu berkontribusi dalam memberikan gagasan, menciptakan karya, serta mampu memecahkan masalah

 

D.    Sarana dan Prasarana

Sarana          :    Laptop dan LCD

Prasarana : LKPD, alat tulis, pensil, jaringan internet, whiteboard, spidol boardmarker, dan bahan tayang.

 

E.    Target Peserta didik

1.   Peserta didik reguler/tipikal.

2.   Peserta didik dengan kesulitan belajar (hanya menonjol pada salah satu gaya belajar saja).

3.   Peserta didik dengan pencapaian tinggi.

 

F.     Model Pembelajaran

Pembelajaran dilakukan secara luring/tatap muka dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning.

 


II.        KOMPONEN INTI


A.    Capaian Pembelajaran


1.     Pemahaman Kimia


Peserta didik memiliki kemampuan memahami konsep mol dan stoikiometri dalam menyelesaikan perhitungan kimia; ikatan kimia dalam kaitannya dengan interaksi antar partikel materi dan sifat fisik materi; teori tumbukan antar partikel materi sebagai dasar konsep laju reaksi; kesetimbangan kimia untuk mengamati perilaku reaktan dan produk pada level mikroskopik; korelasi antara pH larutan asam, basa, garam dan larutan penyangga serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari; termokimia; konsep redoks dan sel elektrokimia sebagai implikasi perubahan materi dan energi yang menyertai reaksi kimia serta penerapannya dalam kehidupan sehari hari; serta senyawa karbon, hidrokarbon dan turunannya beserta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari hari.

 

2.   Keterampilan Proses


·         Mengamati

Peserta didik mengamati fenomena ilmiah dan mencatat hasil pengamatannya dengan memperhatikan detail dari objek yang diamati untuk memunculkan pertanyaan yang akan diselidiki.

·         Mempertanyakan dan Memprediksi

Peserta didik merumuskan pertanyaan ilmiah tentang hubungan antarvariabel dan hipotesis yang dapat diselidiki secara ilmiah.

·         Merencanakan dan Melakukan Penyelidikan

Peserta didik merencanakan dan memilih metode yang sesuai serta mengendalikan variabel berdasarkan referensi untuk mengumpulkan data yang dapat dipercaya. Peserta didik memilih dan menggunakan alat dan bahan, termasuk penggunaan teknologi digital yang sesuai untuk mengumpulkan serta mencatat data secara sistematis dan akurat.

 

·         Memproses, menganalisis Data dan Informasi

Peserta didik menafsirkan informasi yang diperoleh dengan jujur dan bertanggung jawab.

Peserta didik menggunakan berbagai metode untuk menganalisa pola dan kecenderungan pada data. Peserta didik mendeskripsikan hubungan antarvariabel serta mengidentifikasi inkonsistensi yang terjadi. Peserta didik menggunakan data dan rujukan untuk menarik kesimpulan yang konsisten dengan hasil penyelidikan Peserta didik mengidentifikasi sumber ketidakpastian dan kemungkinan penjelasan alternatif dalam rangka mengevaluasi kesimpulan serta menjelaskan cara spesifik untuk meningkatkan kualitas data.

·         Mengevaluasi dan Refleksi

Peserta didik menganalisis validitas informasi dari sumber primer dan sekunder serta mengevaluasi pendekatan yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam penyelidikan.

·         Mengomunikasikan Hasil

Peserta didik mengomunikasikan hasil penyelidikan secara sistematis dan utuh ditunjang dengan argumen ilmiah dan terbuka terhadap pendapat yang lebih relevan.

 

B.    Tujuan Pembelajaran

Dengan serangkaian kegiatan pembelajaran yang bervariatif

1.   Murid mampu mempresentasikan tentang kestabilan atom dengan baik

2.   Murid mampu menjelaskan bagaimana terbentuknya ikatan ion dan ikatan kovalen dengan baik.

 

C.    Pemahaman Bermakna

Atom yang tidak stabil memiliki kecenderungan untuk mencapai konfigurasi elektron stabil dengan cara:

·      Melepaskan elektron :   Menjadi ion positif (kation)

·      Menerima elektron     :   Menjadi ion negatif (anion)

·      Berbagi elektron        :   Tidak menjadi ion

 

D.    Pertanyaan Pemantik

·      Mengapa beberapa atom mudah bereaksi dengan atom lain, sedangkan yang lain tidak?

·      Bagaimana ikatan kimia dapat menghasilkan senyawa dengan sifat yang berbeda dari atom penyusunnya?

·      Bagaimana pemahaman tentang ikatan kimia dapat membantu kita memahami fenomena kimia sehari-hari, seperti korosi dan pembakaran?

 

E.    Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran yang digunakan untuk mencapai tujuan pebelajaran yang telah ditetapkan, dilakukan sesuai dengan model pembelajaran discovery learning sebagai berikut.




Channel Education






























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTING BEFORE