RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I.
INFORMASI
UMUM
A.
Identitas Modul
Nama : Yusea Gitaria, S.Si.
Instansi : SMA Negeri 14 Tangerang
Tahun Penyusunan : 2024
Jenjang Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Kimia
Fase/Kelas : F / XI
Materi : Ikatan Kimia
Alokasi waktu : 6
x 45 menit
Jumlah Pertemuan : 3
Pertemuan
Kata
Kunci : Kestabilan Atom, Ikatan Ionik, Ikatan Kovalen
Jumlah
Murid : 35 siswa
Moda : Tatap muka
B.
Kompetensi Awal
Peserta didik telah memiliki pengetahuan awal
tentang:
·
Konfigurasi elektron
·
Elektron valensi
Murid
diberikan penugasan mengamati video pembelajaran tentang konfigurasi elektron
dan elektron valensi sebagai penguatan pemahaman
C.
Profil
Pelajar Pancasila
Setelah menyelesaikan
pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat mengembangkan diri sesuai
dengan profil pelajar pancasila, dimensi Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia, Berkebinekaan Global, bergotong royong bernalar kritis,
serta Kreatif
Beriman, bertakwa kepada
Tuhan YME, dan berakhlak mulia : Menghargai
hubungan sesama manusia dan semua ciptaan Tuhan termasuk mewujudkan akhlak yang
mulia pada diri masing-masing murid
Berkebinekaan Global :
Menumbuhkan rasa menghormati
terhadap keanekaragaman budaya, menghilangkan prasangka, hingga merefleksikan
diri terhadap nilai-nilai kebhinekaan.
Mandiri :
Mampu mengelola pikiran,
perasaan, dan tindakan untuk mencapai tujuan bersama.
Bergotong royong :
Memiliki kemampuan untuk
melakukan kolaborasi dengan sukarela agar kegiatan yang dikerjakan dapat
berjalan lancar dan mencapai tujuan untuk kebaikan bersama.
Bernalar Kritis :
Berpikir secara objektif,
sistematik dan saintifik dengan mempertimbangkan berbagai aspek berdasarkan
data dan fakta yang mendukung, sehingga dapat membuat keputusan yang tepat dan
berkontribusi memecahkan masalah dalam kehidupan, serta terbuka dengan penemuan
baru
Kreatif :
Mampu berkontribusi dalam
memberikan gagasan, menciptakan karya, serta mampu memecahkan masalah
D.
Sarana dan
Prasarana
Sarana : Laptop
dan LCD
Prasarana : LKPD, alat tulis, pensil, jaringan internet, whiteboard,
spidol boardmarker, dan bahan tayang.
E.
Target
Peserta didik
1. Peserta didik
reguler/tipikal.
2. Peserta didik dengan kesulitan belajar (hanya menonjol pada salah
satu gaya belajar saja).
3. Peserta didik dengan
pencapaian tinggi.
F.
Model Pembelajaran
Pembelajaran dilakukan
secara luring/tatap muka dengan menerapkan model pembelajaran discovery
learning.
II. KOMPONEN INTI
A.
Capaian Pembelajaran
1. Pemahaman Kimia
Peserta didik memiliki kemampuan memahami konsep mol
dan stoikiometri dalam menyelesaikan perhitungan kimia; ikatan kimia dalam
kaitannya dengan interaksi antar partikel materi dan sifat fisik materi; teori
tumbukan antar partikel materi sebagai dasar konsep laju reaksi; kesetimbangan
kimia untuk mengamati perilaku reaktan dan produk pada level mikroskopik;
korelasi antara pH larutan asam, basa, garam dan larutan penyangga serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari; termokimia; konsep redoks dan sel
elektrokimia sebagai implikasi perubahan materi dan energi yang menyertai
reaksi kimia serta penerapannya dalam kehidupan sehari hari; serta senyawa
karbon, hidrokarbon dan turunannya beserta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari
hari.
2.
Keterampilan Proses
·
Mengamati
Peserta didik mengamati fenomena ilmiah dan mencatat
hasil pengamatannya dengan memperhatikan detail dari objek yang diamati untuk
memunculkan pertanyaan yang akan diselidiki.
·
Mempertanyakan dan
Memprediksi
Peserta didik merumuskan pertanyaan ilmiah tentang
hubungan antarvariabel dan hipotesis yang dapat diselidiki secara ilmiah.
·
Merencanakan dan Melakukan
Penyelidikan
Peserta didik merencanakan dan memilih metode yang
sesuai serta mengendalikan variabel berdasarkan referensi untuk mengumpulkan
data yang dapat dipercaya. Peserta didik memilih dan menggunakan alat dan
bahan, termasuk penggunaan teknologi digital yang sesuai untuk mengumpulkan
serta mencatat data secara sistematis dan akurat.
·
Memproses, menganalisis
Data dan Informasi
Peserta didik menafsirkan informasi yang diperoleh
dengan jujur dan bertanggung jawab.
Peserta didik menggunakan berbagai metode untuk
menganalisa pola dan kecenderungan pada data. Peserta didik mendeskripsikan
hubungan antarvariabel serta mengidentifikasi inkonsistensi yang terjadi.
Peserta didik menggunakan data dan rujukan untuk menarik kesimpulan yang
konsisten dengan hasil penyelidikan Peserta didik mengidentifikasi sumber
ketidakpastian dan kemungkinan penjelasan alternatif dalam rangka mengevaluasi
kesimpulan serta menjelaskan cara spesifik untuk meningkatkan kualitas data.
·
Mengevaluasi dan Refleksi
Peserta didik menganalisis validitas informasi dari
sumber primer dan sekunder serta mengevaluasi pendekatan yang digunakan untuk
menyelesaikan masalah dalam penyelidikan.
·
Mengomunikasikan Hasil
Peserta didik mengomunikasikan hasil penyelidikan
secara sistematis dan utuh ditunjang dengan argumen ilmiah dan terbuka terhadap
pendapat yang lebih relevan.
B.
Tujuan Pembelajaran
Dengan serangkaian kegiatan pembelajaran yang bervariatif
1.
Murid mampu mempresentasikan tentang
kestabilan atom dengan baik
2.
Murid mampu menjelaskan bagaimana terbentuknya
ikatan ion dan ikatan kovalen dengan baik.
C.
Pemahaman Bermakna
Atom yang tidak
stabil memiliki kecenderungan untuk mencapai konfigurasi elektron stabil dengan
cara:
· Melepaskan
elektron : Menjadi ion positif (kation)
· Menerima elektron : Menjadi
ion negatif (anion)
· Berbagi elektron : Tidak
menjadi ion
D.
Pertanyaan Pemantik
· Mengapa beberapa
atom mudah bereaksi dengan atom lain, sedangkan yang lain tidak?
· Bagaimana ikatan
kimia dapat menghasilkan senyawa dengan sifat yang berbeda dari atom
penyusunnya?
· Bagaimana
pemahaman tentang ikatan kimia dapat membantu kita memahami fenomena kimia
sehari-hari, seperti korosi dan pembakaran?
E.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran yang digunakan untuk mencapai tujuan
pebelajaran yang telah ditetapkan, dilakukan sesuai dengan model pembelajaran discovery
learning sebagai berikut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar