Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng
PUNCAK SIKUNIR, DATARAN TINGGI DIENG

Rabu, 07 September 2022

PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA


KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

TEMA PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA





Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila menjadi salah satu fokus Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) saat ini. Profil Pelajar Pancasila diyakini dapat mencapai visi pendidikan di Indonesia, yaitu mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Dalam implementasinya, Kemendikbudristek telah menetapkan 9 tema umum yang terdiri dari 7 tema pilihan dan 2 tema wajib untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Namun pada kesempatan kali ini, kita akan membahas 7 tema pilihan bagi jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA).

Beberapa tema Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini nantinya dijalankan oleh satuan pendidikan dalam satu tahun ajaran berdasarkan isu yang relevan di lingkungan peserta didik. Apa saja tema-tema tersebut?

  • Gaya Hidup Berkelanjutan

Tema ini dimaksudkan untuk memahami dampak dari aktivitas manusia, baik jangka pendek maupun panjang, terhadap kelangsungan kehidupan di dunia maupun lingkungan sekitarnya. Hal yang ditekankan di sini adalah membangun kesadaran untuk bersikap dan berperilaku ramah lingkungan serta mencari jalan keluar untuk masalah lingkungan. Untuk contoh kegiatan yang bisa dilakukan oleh peserta didik misalnya seperti menanggulangi sampah yang  menjadi permasalahan terbesar di dunia saat ini dan bersikap bijak perlakuannya terhadap sampah.

  • Kearifan Lokal

Saat ini Indonesia sedang dilanda krisis identitas diri yang disebabkan oleh lunturnya budaya dan juga kearifan lokal masyarakat. Maka dari itu tema ini dipilih agar dapat membangun rasa ingin tahu dan kemampuan inkuiri melalui eksplorasi tentang budaya dan kearifan lokal masyarakat sekitar atau daerah tersebut, serta perkembangannya. Untuk kegiatannya bisa disesuaikan dengan kearifan lokal masing-masing.

  • Bineka Tunggal Ika

Intoleransi dan radikalisme menjadi isu yang cukup menjadi sorotan belakangan ini. Oleh karena itu, Kemendikbudristek merasa perlu mengangkat tema bineka tunggal ika dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Peserta didik diajak untuk mengenal belajar membangun dialog penuh hormat tentang keberagaman kelompok agama dan kepercayaan yang dianut oleh masyarakat sekitar dan di Indonesia serta nilai-nilai ajaran yang dianutnya. 

  • Bangunlah Jiwa dan Raganya

Selain intoleransi dan radikalisme, perundungan juga menjadi perhatian khusus, terutama di lingkungan sekolah. Tema ini diperuntukkan bagi satuan pendidikan guna membangun kesadaran dan keterampilan peserta didik untuk memelihara kesehatan fisik dan mental, baik untuk dirinya maupun orang sekitarnya. Satuan pendidikan bisa membuat kegiatan hari anti-bullying dan sebagainya untuk menekan kasus perundungan di lingkungannya.

  • Suara Demokrasi

Indonesia merupakan negara demokrasi di mana setiap keputusan sebisa mungkin diambil secara musyawarah. Hal ini diangkat dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk menumbuhkan jiwa-jiwa demokrasi peserta didik melalui kegiatan-kegiatan tertentu. Misalnya kegiatan pemilihan umum ketua OSIS.

  • Berekayasa dan Berteknologi Untuk Membangun NKRI

Pemanfaatan teknologi yang maksimal bisa menandakan majunya kualitas SDM sebuah bangsa. Maka dari itu, implementasi rekayasa dan teknologi terus didorong agar peserta didik dapat berkolaborasi dalam melatih daya pikir kritis, kreatif, inovatif, sekaligus kemampuan berempati untuk berekayasa membangun produk berteknologi yang memudahkan kegiatan dirinya dan juga sekitarnya. Satuan pendidikan dapat membuat proyek yang mendorong peserta didik membuat desain inovatif sederhana dengan menerapkan teknologi yang dapat menjawab permasalahan yang ada di sekitar sekolah.

  • Kewirausahaan
Tema ini diusung dalam rangka menumbuhkan jiwa-jiwa kewirausahaan bagi peserta didik. Peserta didik nantinya akan mengidentifikasi potensi ekonomi dan peluang usaha di tingkat lokal dan masalah yang ada dalam pengembangan potensi dan pengembangan usaha tersebut, serta kaitannya dengan aspek lingkungan, sosial dan kesejahteraan masyarakat. Contoh kegiatannya adalah peserta didik bisa membuat produk dengan konten lokal yang memiliki daya jual.

 Seluruh satuan pendidikan dapat memilih 3 tema di awal tahun ajaran yang nantinya akan dilaksanakan selama satu tahun. 


 Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) diantaranya adalah,
  • Perencanaan yang matang untuk melakukan kegiatan proyek
  • Memberikan bimbingan sekaligus ruang bagi peserta didik untuk menuangkan kreativitas mereka. Hal ini termasuk bersikap terbuka dalam menerima masukan program dari peserta didik yang berhubungan dengan proyek 
  • Komitmen sekolah untuk membantu peserta didik menjalankan solusi aksi dan mengajukan rancangan kepada pemangku kebijakan (baik dalam lingkup sekolah maupun diluar sekolah) agar nilai terwujud dalam aksi nyata dan bermanfaat
  • Dukungan semua warga sekolah, orang tau dan instintusi lain yang mungkin terlibat dalam menjalankan solusi aksi sebagai hasil akhir

Setelah menentukan tema dan sub tema maka hal-hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah melakukan Pemetaan Dimensi, elemen dan sub elemen.


Beberapa Dimensi, elemen dan sub elemen yang ditetapkan adalah

  • Dimensi Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yag Maha Esa, dan berakhlak mulia
Elemennya
    • Ahlak beragama
    • Ahlak pribadi
    • Ahlak kepada manusia
    • Ahlak kepada alam
    • Ahlak bernegara

  • Dimensi Berkebhinekaan global
Elemennya :
    • Mengenal dan Menghargai budaya
    • Komunikasi dan interaksi antar budaya
    • Refleksi dan tanggungjawab terhadap pengalaman kebhinekaan
    • Berkeadilan sosial

  • Dimensi Bergotong royong
Elemennya :
    • Kolaborasi 
    • Kepedulian

  • Dimensi Mandiri
Elemennya :
    • Berbagi pemahaman diri dan situasi yang dihadapi
    • Regulasi diri

  • Dimensi Bernalar kritis
Elemennya :
    • Memperoleh dan memprpses informasi dan gagasan
    • Refleksi pemikiran dan proses berpikir

  • Dimensi Kreatif
Elemennya :
    • Menghasilkan gagasan yang orisinal
    • Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal
    • Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan


Contoh Modul yang mengusung Tema GAYA HIDUP BERKELANJUTAN







Channel Education

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTING BEFORE